Selasa, 05 Maret 2013

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Cepat


Visitor atau pengunjung dari sebuah blog adalah salah satu tolak ukur untuk melihat kualitas dari suatu blog yang kita miliki. Dengan memiliki blog yang punya pengunjung yang banyak, pastinya setiap pesan maupun artikel yang kita terbitkan akan memiiliki banyak pembaca. Memang sebagai seorang blogger, hal yang menjadi sebuah kebanggaan adalah ketika tulisan kita dibaca oleh semua orang yang menggunakan fasilitas internet. Oleh karena itu membuat blog kita memiliki banyak pengunjung per harinya merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan. Beberapa metode untuk meningkatkan pengunjung suatu blog memang sangat bermacam-macam. Dan tentunya cara efektif dan mampu untuk mendatangkan pengunjung blog secara nautral adalah dengan metode optimasi artikel.

Carameningkatkan pengunjung blog dengan menggunakan metode optimasi artikel adalah cara yang paling sering dibahas oleh para webmaster blogger seluruh indonesia. Dengan membuat artikel yang menarik saja tidak akan membuatnya banyak yang baca kecuali kalau kita mengoptimasinya dengan baik dan benar. Seperti halnya kita mempunyai seorang teman baru yang berasal dari suatu daerah tertentu. Pastinya teman-teman kita tak akan mengenal teman baru kita tanpa kita kenalkan secara baik dan benar. Hal ini juga berlaku untuk artikel sebuah blog. Ketika kita mempunyai sebuah tulisan baru dan tidak kita kenalkan ke khalayak umum seperti facebook, twitter, social bookmark, forum dan lain-lain. Tentunya mereka juga akan susah menemukan artikel yang kita tulis. Hal yang sama juga berlaku untuk sebuah mesin pencari. Tanpa adanya kepopuleran sebuah artikel, maka untuk artikel tersebut mendapatkan tempat di hati mesin pencari akan sangat sulit. Pengunjung dari jejaring sosial memang bagus, tapi itu sifatnya hanya sementara dan mereka datang lebih karena faktor diarahkan ketimbang mencari informasinya sendiri.

Dengan pengunjung yang berasal dari mesin pencari, maka kita pun tak perlu repot-repot untuk mendatangkan banyak pengunjung per harinya. Namun hal ini juga tidaklah mudah, diperlukan sebuah tips khusus untuk membuat artikel kita banyak dikunjungi pengunjung dari mesin pencari. Dalam kaitannya dengan ini blog Software akan memberikan informasi kepada anda tentang cara yang tepat untuk meningkatkan pengunjung lewat mesin pencari. Dengan hal ini pengunjung yang masuk ke blog kita benar-benar mencari informasi yang dibutuhkan dan bukan diarahkan seperti pengunjung dari facebook dan twitter. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita coba untuk meningkatkan pengunjung blog kita.

1. Cari Keyword Artikel yang Banyak Dicari Orang

Untuk membuat blog kita dikunjungi oleh banyak orang, tentunya kita juga harus menyediakan berbagai artikel yang dicari oleh banyak orang. Artikel yang informatif seperti lowongan kerja, prediksi bola, download, tips dan trik, gratisan dan lain-lain merupakan beberapa jenis artikel yang paling banyak dicari oleh orang. Namun untuk lebih detailnya mengenai keyword-keyword populer maka kita bisa menggunakan beberapa Tool gratis seperti Google Trands dan Google External Keyword Tool.

2. Buatlah Artikel Unik dan Berkualitas
Artikel yang unik adalah artikel yang original dan 100% buatan sendiri tanpa melakukan copas. Sedangkan untuk membuatnya lebih berbobot maka buatlah artikel dengan panjang antara 300-500 Kata. Selain akan membuat blog kita disukai pengunjung dan search engine seperti google, yahoo dan bing. Dengan menggunakan artikel yang unik maka informasi yang disampaikan jauh lebih fresh. Karena dengan teknologi robotnya yang semakin canggih, Mesin pencari google bisa menganalisa keunikan suatu artikel dan akan lebih memprioritaskan artikel yang unik ketimbang artikel yang meniru atau copas. Membuat artikel secara copas di blog kita memang akan sangat berbahaya, hal ini karena Google bisa saja menghapus blog kita karena dianggap sebagai blog spam. Hal ini juga sudah sering terjadi pada ribuan blog yang dihapus karena kasus yang sama.

3. Maksimalkan Penggunaan Keyword dalam Artikel

Penggunaan keyword yang tepat saat kita membuat artikel juga akan membantu artikel blog kita menjadi lebih disukai oleh mesin pencari. Perbanyaklah keyword dengan density sekitar 2-3% dari keseluruhan isi artikel. Selain itu, penggunaan tag h1, h2, h3 serta Bold, Italic dan Underline yang baik dan benar pada artikel juga akan sangat mempengaruhi kualitas artikel kita agar lebih disukai oleh robot google. Namun satu hal yang pasti adalah kualitas konten tetaplah harus diutamakan terutama agar artikel kita tetap enak dibaca meskipun dengan menyisipkan lebih banyak keyword di dalamnya.

4. Submit Artikel ke Social Bookmark
Social Bookmark telah lama menjadi tempat berpromosi yang mudah serta sangat dianjurkan oleh Google. Selain mampu mendatangkan trafik yang cukup banyak, dengan adanya social bookmark ini kualitas SERP artikel blog kita akan naik. Selain itu, pemilihan social bookmark yang berjenis Dofollow serta berpagerank tinggi juga harus kita utamakan agar posisi SERP blog kita lebih bagus. Agar lebih maksimal maka akan lebih baiknya jika artikel blog kita disubmit ke 20-50 Social Bookmark secara berkala. Dan beberapa social bookmark yang bagus untuk blog kita adalah Infogue.com, lintas.me, populerkan.com, indofeed.com, diigo.com, stumbleupon.com, delicious.com, jeqq.com, digg.com dan lain-lain.

5. Lakukan Ping Artikel dan Backlink

Ping adalah salah satu aktivitas manual untuk memberi tahu mesin pencari seperti google dan yahoo tentang sebuah URL baik itu artikel maupun URL Social Bookmark yang telah kita sebar tersebut. Dengan adanya Layanan Ping ini, maka artikel kita akan cepat terindex oleh mesin pencari seperti google. Beberapa layanan ping populer yang bisa kita coba adalah pingomatic.com dan pingler.com.

6. Buat Artikel Pendukung di Dummy Blog
Blog Dummy adalah sebuah blog pendukung dari blog utama kita. Tujuan dari blog dummy ini tentunya agar blog kita menjadi lebih tinggi tingkat kepopulerannya dan semua artikelnya dapat bersaing di Search Engine google. Salah satu keuntungan penggunaan blog dummy yakni agar kita bisa lebih baik dalam menembak keyword artikel yang kita tuju. Salah satu caranya adalah dengan membuat backlink berkeyword (Anchor Link) yang bisa kita sisipkan dalam setiap artikel dummy yang kita buat. Beberapa layanan Web 2.0 yang cocok untuk membuat Dummy Blog adalah wordpress.com, tumblr.com, blogger.com, multiply.com, dan lain sebagainya.

7. Sebarkan Artikel Kita Seluas-luasnya
Jika cara diatas kurang mendatangkan banyak trafik, maka kita bisa melakukan langkah ini. yakni dengan menyebarkan rtikel blog kita seluas-luasnya ke Iklan Baris, Forum, Facebook, Twitter, Press Release, Artikel Directory dan lain sebagainya. Dengan semakin banyak kita mensubmit URL artikel kita, maka backlink yang kita dapatkan akan semakin banyak. Dan hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan memenangkan pertarungan di SERP. Namun satu hal yang perlu kita ketahui adalah jangan sekali-kali melakukan spam atau optimasi berlebihan. Karena dampaknya artikel kita bisa hilang dari peredaran SERP Google.

8. Perbanyak Fans Blog Kita

Memperbanyak fans blog kita seperti Followers Twitter, Liker Fanpage atau Google+ memang akan sangat bermanfaat dan dapat mendatangkan trafik yang tetap ke blog kita. Semakin banyak fans di blog kita, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang datang ke blog kita. Cara ini sudah sukses di jalankan oleh salah satu blog tersukses saat ini yakni terselubung dot blogspot dot com yang mana sebagian besar pengunjungnya berasal dari Facebook dan Twitter.

Metode mencari pengunjung dengan cara diatas dsebut dengan metode Optimasi Artikel atau biasa disebut dengan SEO Off Page. Selain memang mampu meningkatkan pengunjung setiap harinya, Metode tersebut juga mampu untuk membuat kepopuleran artikel kita semakin baik di mata mesin pencari. Sehingga memungkinkan artikel kita menduduki posisi pertama dalam mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar